hp refurbish

Hindari Beli HP Refurbish

94 views

Hindari Beli HP Refurbish! Banyak sekali ponsel refurbish diperjual belikan khususnya via online. Yang sempat terkenal dulu adalah penjual ponsel refurbish asal Batam yang pada akhirnya tutup karena komplain yang banyak dari para pembelinya.

Apa sih HP Refurbish? HP Refurbish itu adalah hp bekas yang mengalami kerusakan baik kerusakan hardware maupun software dan kemudian diperbaiki untuk dijual kembali.

Kenapa harus meng-hindari beli hp Refurbish?

Tentu saja ada keuntungan dari membeli hp refurbish, salah satunya adalah harga yang murah dibawah harga pasaran. Setiap orang tentu menginginkan barang yang lebih murah dari harga pasaran bukan? Tapi tentu saja Anda harus menanggung resiko sendiri, terkecuali barang yang dijual sudah mencakup garansi.

Apa Ciri HP Refurbish?

Beberapa metode penjual dalam menjual hp refurbish yang bisa dengan mudah dikenali adalah:

  1. Ponsel biasanya dijual batangan atau unit only
  2. Jika hp disertai kelengkapannya, maka bisa dipastikan kelengkapannya seperti charger, dus, headset bukan yang aslinya alias barang palsu atau mereka sering menyebutnya OEM
  3. Harga jual hp refurbish dibawah pasaran
  4. Barang berasal dari import (biasanya dari batam), namun belakangan ini mereka tak menyebutkan barang dari Batam.
  5. Barang tidak rapi (masih ada sisa-sisa lem atau lainnya)
  6. Material hp terlihat murah (lcd, casing, dsb) karena ada penggantian part dengan yang kw

Kenapa barang dari Batam bisa murah dan dibawah pasaran? Karena Batam telah ditetapkan sebagai kota ekslusif dimana perdagangan ekspor impor tidak dikenakan bea masuk, sehingga barang yang di import yang masuk ke Batam tidak dikenakan pajak alhasil bisa dijual dengan harga dibawah pasaran.

Sebenarnya HP Refurbish bukan merupakan hal yang ilegal. Sah-sah saja membeli barang rusak dan kemudian diperbaiki untuk dijual kembali. Permasalahannya adalah perbaikan yang dilakukan tidak melewati quality control yang ketat sesuai dengan pabrikan.

Sehingga kebanyakan hp refurbish tidak bertahan lama, entah itu lcd yang bergaris, wifi yang tidak muncul, batere kembung, hp tiba-tiba hidup mati sendiri, dan kerusakan lain sebagainya. Itulah mengapa kami menghimbau Anda untuk menghindari membeli hp refurbish.

Karena pada akhirnya Anda pula yang akan dirugikan, meskipun mendapatkan ponsel bagus dibawah harga pasaran tapi jika ponsel tidak bertahan lama dan rusak tiba-tiba tentu Anda akan kesulitan menjualnya kembali.

Jadi, lebih baik membeli barang bekas pakai yang masih segel, atau belum pernah mengalami kerusakan. Jangan semata-mata hanya melihat harga yang miring lalu langsung tergiur. Karena banyak pengalaman yang sudah membeli hp refurbish yang pada akhirnya kecewa dan mengajukan komplain tanpa diberikan tanggapan yang memuaskan.

Gravatar Image
Toro adalah seorang gadgetholic terutama ponsel, yang kemudian mempelajari seluk beluk ponsel dan cara memperbaiki masalah ponsel dengan teliti dan suka untuk ber-eksperimen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *