Penyebab dan Solusi Vivo V11 Fingerprint Error setelah Update

Sebagian pemilik dari seri HP satu ini pasti pernah mengalami sidik jari yang tidak bisa digunakan sehingga cukup mengganggu pada saat membuka kuncinya. Masalah ini ternyata disebabkan karena beberapa penyebab. Berikut alasan dan solusi jika Vivo V11 fingerprint error setelah update.

vivo v11 fingerprint error setelah update

Penyebab dan Solusi Vivo V11 Fingerprint Error setelah Update

Vivo V11 menjadi salah satu smartphone yang dipilih oleh banyak orang lantaran dipasarkan dengan harga cukup terjangkau namun menawarkan fitur menarik bagi setiap penggunanya. Sayangnya beberapa pemilik mengeluh jika fitur fingerprint mengalami error. Berikut penyebab dan solusinya:

1. Sidik Jari Kotor atau Tertutup oleh Keringat

Berbicara mengenai teknologi fingerprint Vivo V11 yang mengalami error sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik, jangan khawatir secara berlebihan. Salah satu penyebab utamanya berasal dari pemiliknya sendiri yakni sidik jari dalam keadaan kotor atau bahkan sedang tertutupi oleh keringat.

Kondisi ini tentu membuat fitur fingerprint tidak bisa mendeteksi sidik jari pemilik dengan baik. Solusi satu-satunya adalah Anda harus mencuci tangan agar terhindar dari berbagai macam kotoran dan keringat. Pastikan juga jika scanner sedang dalam keadaan bersih dengan cara mengelapnya.

2. RAM HP Terlalu Penuh dan Sistem Kerja Lemot

Beberapa HP yang sudah digunakan dalam waktu lama pasti membuat memori penyimpanannya semakin penuh termasuk pada Vivo V11. Kondisi seperti ini justru akan membuat sistem kerja menjadi terasa lemot dan tidak sedikit diantaranya malah menyebabkan fitur fingerprint terganggu.

Solusinya yakni Anda bisa melakukan reboot atau restart pada HP Vivo V11 dengan harapan smartphone mampu hidup kembali dengan normal dan fresh. Hal ini biasa dilakukan agar ruang penyimpanan dan sistem kerja berfungsi seperti semula saat awal digunakan.

3. Memori Cache Fingerprint Terlalu Banyak

Perlu Anda ketahui bahwa setiap pengguna smartphone menggunakan scanner pada fitur fingerprint, maka hasil yang dideteksi akan disimpan dalam bentuk cache ini. Tentu saja semakin lama dan sering digunakan, maka sampah tersebut bertambah banyak dan hanya memenuhi ruang penyimpanan saja.

Adanya cache yang menumpuk ternyata menjadi salah satu penyebab dari fingerprint tidak dapat digunakan dengan baik. Solusinya, Anda bisa masuk ke dalam menu pengaturan lalu klik opsi App Manager. Bersihkan sampah khususnya di fitur sidik jari ini dan lakukan restart setelahnya.

4. Adanya Gangguan pada Scan Sidik Jari Sebelumnya

Banyak juga kasus yang menunjukkan bahwa fitur fingerprint ini perlu untuk mendeteksi sidik jari pemilik smartphone Vivo V11 kembali. Hal ini memang sering terjadi pada ponsel pintar lainnya sehingga Anda harus mengatur dan scan lagi dengan harapan sistem keamanan ini kembali berfungsi.

Cara ini sebenarnya hampir sama seperti point sebelumnya. Nantinya Anda akan diminta untuk melakukan registrasi ulang dimana sebagai pemilik Vivo V11 hanya perlu masuk ke menu Pengaturan lalu App Manager dan carilah fitur fingerprint. Lakukan hapus data dan scan ulang pada sidik jari.

5. Adanya Virus pada Vivo V11

Adanya gangguan yang terjadi pada smartphone Anda, seringkali disebabkan oleh banyaknya virus menumpuk di dalam HP. Begitupun pada seri Vivo V11 dimana pemilik juga kerap tidak menyadari akan hal ini sehingga menjadi penyebab dari fitur fingerprint mengalami error.

Solusinya, Anda harus mengatur kembali HP Vivo V11 agar kembali seperti ke pengaturan pabrikan seperti semula. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan virus jika ada di dalamnya. Jangan lupa memindahkan file penting sebelum melakukannya demi meminimalkan terjadinya kehilangan.

6. Bawa ke Servis Center

Solusi ini menjadi alternatif terbaik jika Anda masih saja belum bisa menangani gangguan fingerprint error secara manual. Biasanya hal ini perlu dilakukan ketika penyebabnya tidak diketahui oleh mata telanjang.

Anda bisa datang langsung ke service center milik Vivo terdekat. Cara ini memang dianggap paling mutakhir daripada harus mencoba-coba sendiri dan justru memungkinkan adanya kerusakan baru yang terjadi.

Itulah tadi keenam penyebab dan solusi dari Vivo V11 fingerprint error setelah update sehingga Anda bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Cara terakhir yakni datanglah ke servis center demi perbaikan yang lebih meyakinkan oleh para tenaga profesional.

Related posts

Leave a Comment