10 Cara Mengatasi HP yang Hang

atasi hp hang

Salah satu masalah umum yang dihadapi para pengguna Smartphone saat ini tidak lain adalah “hang atau error”. Hampir setiap smartphone, baik Oppo, Vivo, Realme, Redmi, Samsung ataupun merk lainnya selalu mengalami hang atau error karena berbagai faktor. Namun, sebagian besar Alasan umum terjadinya hang pada smartphone adalah ketika sobat menggunakan terlalu banyak RAM, dengan membuka berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Setiap kali ponsel mengalami hang atau error, pada awalnya sobat pasti tidak dapat segera mengetahui alasan pastinya karena apa hal itu terjadi. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai 10 cara mengatasi hp yang hang atau error pada perangkat hp android sobat.

1. Periksa RAM hp android sobat

Sebagian besar smartphone yang mengalami hang dan error, dikarenakan tidak adanya ruang operasi yang cukup pada RAM. Jadi, sobat perlu  menghindari mengunduh aplikasi berat tanpa memeriksa RAM. Jika ponsel sobat memiliki memori RAM rendah –kurang dari 2 GB-, maka cobalah untuk menutup semua aplikasi latar belakang sebelum membuka sebuah aplikasi yang berat, misalnya game, video editor, dan lain sebagainya.

2. Tutup aplikasi yang tidak dipakai dengan menggunakan Task Manager (Pengelola Tugas)

Tutup aplikasi yang tidak digunakan yang berjalan di latar belakang menggunakan Task Manager di perangkat Android. Hal ini akan meringankan penggunaan RAM pada ponsel android sobat. Salah satu kebiasaan yang umumnya dimiliki oleh para pengguna android adalah membiarkan aplikasi yang tidak sedang dipakai terbuka terus menerus. Selain memberatkan RAM, terbukanya aplikasi yang tidak digunakan ini akan menyedot daya baterai dengan sangat cepat.

3. Hindari Penggunaan Live Wallpaper (Wallpaper Hidup)

Jangan menyimpan animasi atau Live Wallpaper, karena secara langsung akan mempengaruhi kinerja RAM. Cobalah untuk menjaga tampilan perangkat sobat dengan wallpaper sederhana atau tanpa wallpaper.

4. Periksa Penggunaan Memori internal

Terlalu banyak penggunaan memori ponsel adalah salah satu alasan utama untuk terjadinya hang atau error pada Hp android. Untuk mengatasi masalah hang tersebut di ponsel Android, kurangi data yang tersimpan pada ponsel sobat dengan cara memindahkan semua data sobat termasuk lagu, video, dan info lainnya di kartu SD.

5. Hindari Multitasking (Mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan pada hp)

Seringkali Saat internet aktif, sobat menjalankan beberapa aplikasi, tab baru, atau melakukan beberapa tugas dalam waktu bersamaan pada ponsel sobat. Hal seperti ini merupakan penyebab utama berat dan lambatnya kerja prosesor karena mengkonsumsi banyak RAM. Kerjakan setiap tugas dan keperluan lainnya secara bergantian pada hp sobat, hal ini akan sangat efektif untuk menghindari terjadinya hang.

6. Hindari menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan

Jika sobat menggunakan ponsel dengan RAM di bawah 2 GB, cobalah untuk tidak menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Sebab hal itu akan membuat ponsel sobat bekerja dengan sangat keras yang akhirnya menyebabkan error pada hp android sobat.

7. Gunakan Anti-virus

Instal perangkat lunak Anti-Virus yang bagus dan handal di ponsel sobat. Terkadang, malware atau virus yang masuk secara tiba-tiba dapat memperlambat ponsel android sobat, hingga menyebabkannya hang.

Berikut ini adalah daftar Aplikasi antivirus Android terbaik yang bisa sobat gunakan:

1) Bitdefender.

2) Norton Mobile.

3) Avast.

4) Kaspersky Mobile Antivirus.

5) LookOut

6) McAfee.

7) Google Play protect.

8) 360 security.

Perlu pula sobat ketahui Cara menghapus virus dan malware lainnya dari perangkat Android sobat, yaitu dengan cara sebagai berikut:

1) Matikan telepon dan restar, Tekan tombol daya untuk mengakses opsi Matikan.

2) Hapus aplikasi yang mencurigakan –mengandung virus-.

3) Cari aplikasi lain yang menurut sobat mungkin terinfeksi.

4) Instal aplikasi anti virus keamanan seluler yang kuat di ponsel sobat. sobat dapat memilihnya dari daftar di atas.

8. Bersihkan cache secara berkala

Umumnya, aplikasi yang sobat gunakan setiap hari membuat dan meninggalkan jejak cache yang akan terus menumpuk dan mengakibatkan hang/error jika tidak dibersihkan secara teratur.

Berikut cara menghapus cache aplikasi:

1) Buka menu Pengaturan di perangkat sobat.

2) Klik Penyimpanan. Klik “Penyimpanan” di setelan Android sobat.

3) Pilih “Data Dalam cache”.

4) Akan muncul pilihan apakah sobat ingin menghapus semua data cache dari berbagai aplikasi,Pilih “OK”. Selesai.

9. Lakukan Pembaruan perangkat lunak (software) secara berkala

Jika sobat menghadapi masalah hang cukup sering, maka itu bisa menyebabkan terbentuknya bug pada software telepon android sobat. Untuk menghindari bug perangkat lunak ini, smartphone memerlukan pembaruan perangkat lunak firmwarenya, yang dapat diperiksa di bagian “Tentang Telepon”.

10. Menghapus data yang tidak digunakan

Bebaskan memori internal dan eksternal sebanyak yang sobat bisa dengan menghapus / memindahkan file yang tidak perlu. Hal ini akan membantu meringankan kerja RAM pada saat melakukan akses file di hp android sobat.

Related posts

Leave a Reply