7 Cara Atasi HP Android yang Cepat Panas

hp cepat oanas

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna smartphone adalah Smartphone yang terlalu panas, sangat lambat dalam akses data, atau sering pula dengan cepat kehabisan baterai yang kemudian memperpendek masa waktu pakainya, atau bahkan ada pula kasus dimana baterai meledak dan rusak. Jadi, seriuskan perhatian pada ponsel anda setelah ponsel Anda sangat panas.

Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

Jangan letakkankan ponselmu di bawah sinar matahari terlalu lama

Dengan kata lain, hindari menggunakan ponsel anda pada suhu tinggi. Sinar matahari, terutama sinar matahari musim panas akan memanaskan ponsel Anda jika Anda meletakkannya di bawah sinar matahari secara langsung untuk waktu yang lama.

Jika ponsel sangat panas di bawah sinar matahari, berhenti menggunakannya dan pindahkan untuk mendinginkannya, Ponsel akan mendingin lebih cepat jika anda juga melepas kotak pelindung (kondom pengaman hp).

Tutup aplikasi yang tidak digunakan di latar belakang.

Anda mungkin tidak tahu begitu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang telepon, meskipun Anda tidak menggunakan salah satu dari aplikasi-aplikasi tersebut. Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya mengkonsumsi penyimpanan RAM, tetapi juga mengkonsumsi daya baterai, dan menghasilkan panas jika aktif dalam waktu yang lama.

Perlu juga anda ingat bahwa sebuah aplikasi tidak akan tertutup tidak aktif jika Anda hanya menekan tombol Utama ke halaman beranda, aplikasi tersebut akan tetap berjalan di latar belakang. Umumnya, tekan tombol kembali dua kali untuk menutup aplikasi, atau klik Keluar dari menu aplikasi untuk berhenti menjalankan aplikasi. Tentu saja, Anda mungkin lupa untuk mengakhiri aplikasi, atau belum waktunya untuk keluar dari aplikasi. 

Hentikan penggunaan telepon jika penggunaannya dalam satu waktu sudah berjam-jam.

Orang-orang mudah kecanduan ponsel mereka sehingga sering lupa waktu ketika menggunakan ponsel, atau terus bermain dengan ponsel saat mengisi daya. Tidak diragukan lagi bahwa menggunakan hp dalam waktu lama saat mengisi daya akan membuat ponsel menjadi panas. Misalnya, panas muncul ketika Anda bermain game atau melakukan panggilan untuk waktu yang lama, hal ini karena game membutuhkan banyak daya dari hp pada saat yang sama, demikian juga dengan CPU ponsel, ia akan menjadi panas karena banyaknya tenaga baterai yang digunakan. Jika anda mengalami hal ini, maka Berhenti menggunakan ponsel Anda ketika Anda merasa itu panas adalah pilihan yang paling baik.

Hapus malware dari ponsel Anda.

Malware adalah sejenis virus pencuri data yang bisa menyebar ke mana pun ia bisa dalam ponsel anda, jadi berhati-hatilah dengan malware saat menggunakan ponsel Anda. Ketika ponsel Anda terinfeksi oleh virus atau jenis malware lainnya, ponsel akan menyebarkan konten berbahaya, mengirim data Anda ke pengembang malware dengan menggunakan sumber daya ponsel. Dengan demikian, ponsel Anda mendapat panas tiba-tiba.

Oleh karena itu, jalankan alat pemindaian virus di ponsel Anda untuk menemukan sumber malware, lalu hapus instalasi aplikasi tersebut. Namun, meskipun ponsel belum terinfeksi oleh malware, Anda harus ingat:

Unduh aplikasi hanya dari situs resmi atau aplikasi store yang dikenal, hindari sumber aplikasi yang tidak diketahui.

Jangan klik iklan pop up saat berselancar di internet.

Jangan klik tautan yang tidak aman dan aneh dari orang lain.

Instal aplikasi anti-malware dan pindai ponsel Anda secara berkala.

Perbarui firmware dan aplikasi ke versi terbaru.

Perusahaan Pengembang aplikasi android selalu menawarkan pengguna mereka versi terbaru dari setiap aplikasi yang mereka buat, hal ini karena aplikasi atau perangkat lunak yang kedaluwarsa akan berjalan secara tidak efisien atau memiliki beberapa bug yang terlalu sering menggunakan prosesor ponsel yang menyebabkan ponsel Anda terlalu panas.

Cara Memperbarui ponsel Anda: Buka Pengaturan > Tentang ponsel / Perangkat saya > Periksa pembaruan, perbarui ponsel Anda jika bukan versi terbaru, lalu restart ulang ponsel Anda.

Cara Memperbarui aplikasi Anda: pergilah ke app store di ponsel Anda, klik Akun Anda, periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi yang Anda unduh. Umumnya, ketika Anda membuka aplikasi, aplikasi akan memberi tahu Anda untuk memperbarui aplikasi jika memiliki versi baru.

Hindari menggunakan ponsel anda saat sinyalnya buruk.

Jika sinyal ponsel Anda buruk, ponsel akan berubah menjadi jenis jaringan yang lebih baik secara otomatis, dan berjuang untuk menemukan sinyal yang kuat saat Anda berselancar di internet, yang mengakibatkan ponsel bekerja lebih keras dan mulai memanas.

Hindari berselancar di internet atau melakukan panggilan ketika sinyal buruk. Jika Anda didesak untuk menelepon seseorang, cara termudah untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik adalah mengubah tempat untuk memeriksa apakah Anda mendapatkan penerimaan sinyal yang lebih baik.

Isi daya ponsel Android Anda dengan benar.

Jika masalah panas berlebih disebabkan oleh baterai telepon, bagian belakang ponsel Anda akan jelas panas. Tekan dan tahan tombol daya untuk mematikan telepon, lalu periksa suhu baterai ponsel Anda. Suhu baterai ponsel Android sekitar 30 centidegree, kadang-kadang naik hingga 40 centidegree.

Ada dua alasan utama mengapa baterai terlalu panas: Anda mengisi daya ponsel dengan kabel pengisian daya yang tidak tepat, atau telepon terlalu tua. Isi daya ponsel Anda dengan kabel pengisian daya asli atau kabel USB bermerek. Jika baterai terlalu panas meskipun Anda tidak menggunakan ponsel untuk waktu yang lama, mungkin baterainya menua dengan serius. Oleh karena itu, Anda harus mengganti baterai untuk ponsel Anda, atau bahkan harus membeli ponsel baru.

Related posts

Leave a Reply