Cara Mengatasi Samsung A50 Restart Sendiri

Cara Mengatasi Layar Samsung A50 error

Salah satu permasalahan yang sering membuat orang kesal dengan smartphone itu adalah kejadian restart sendiri. Samsung A50 restart sendiri ini bisa terjadi kalau ada beberapa permasalahan yang terjadi pada smartphone kita. Memang ada beberapa masalah yang mungkin bisa menyebabkan hal tersebut terjadi, dan pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan satu per satu penyebabnya.

Ada beberapa penyebab yang mungkin bisa menyebabkan smartphone itu restart sendiri, berikut beberapa diantaranya.

  1. Ada korup pada OS
  2. Ada aplikasi yang sebenarnya tidak kuat dijalankan di smartphone atau ada virusnya
  3. File cache terlalu penuh

Cara mengatasi Samsung restart sendiri tentunya harus menyesuaikan dengan penyebab dari terjadinya restart sendiri tersebut. Berikut ini beberapa solusi yang bisa menyembuhkan smartphone yang sering restart sendiri itu.

  1. Kalau penyebabnya adalah korup pada OS, maka tidak ada pilihan lain selain melakukan factory reset pada smartphone. Sebelum melakukan factory reset, bila masih sempat membuka smartphone pindahkan dulu data penting. Karena setelah factory reset, maka semua data akan terhapus dan hilang.
  2. Apabila mungkin permasalahannya adalah aplikasi, maka cukup mudah sebenarnya, karena kalian tinggal uninstall saja aplikasinya.
  3. Kalau penyebabnya adalah file cache penuh kalian bisa bersihkan cache dengan aplikasi bawaan dari Samsung.

Samsung A50 Hang

Selain permasalahan restart sendiri, sering kali juga kejadian smartphone mengalami hang dan tidak bisa ditekan apapun juga. Biasanya setelah beberapa lama mungkin akan restart sendiri, namun terkadang bisa juga tidak restart sendiri. Bila terjadi hang, maka kita harus melakukan restart secara manual, supaya nantinya smartphone bisa bekerja kembali seperti biasanya.

Cara Restart Samsung A50 Yang Hang

Hal yang mungkin membuat orang panik itu sebenarnya adalah freeze atau hang, karena ditekan apapun juga tidak ada respons. Sementara untuk bisa kembali bekerja smartphone tersebut harus di restart terlebih dahulu untuk bisa kembali berjalan. Nah sebenarnya ada cara untuk melakukan restart apabila terjadi hang, yakni dengan menekan tombol power dan volume up bersamaan.

Kedua tombol tersebut ditekan bersamaan dan kemudian tahan sampai beberapa detik atau sampai smartphone melakukan restart. Kedua tombol tersebut di smartphone Samsung itu adalah untuk melakukan force restart atau memaksa melakukan restart. Sehingga dalam keadaan hang pun tetap bisa dilakukan restart tersebut untuk memulai kembali.

Baca Juga : Cara Mengatasi Layar Samsung A50 Error

Tombol Reset Samsung A50

Kendala seperti smartphone Hang, atau mungkin sering restart sendiri, atau bahkan tidak bisa masuk ke OS smartphone memang sering terjadi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset, dan cara melakukan reset sendiri sebenarnya ada beberapa cara. Berikut ini kami akan jelaskan caranya satu per satu.

  1. Melalui Menu Setting

Untuk menu setting ini bisa dipakai kalau kalian masih bisa sempat masuk ke dalam OS dan menggunakan smartphone kalian. Dan berikut ini langkahnya.

  1. Masuk ke menu setting di smartphone kalian
  2. Lalu masuk ke menu general manajemen atau manajemen umum
  3. Pilih reset dan nanti ada pilihan untuk factory reset
  4. Selanjutnya pilih delete all dan kalian tinggal menunggu prosesnya saja
  5. Melalui Recovery

Untuk cara kedua adalah dengan menggunakan menu recovery, ini adalah cara yang dipakai kalau tidak masuk ke OS smartphone. Biasanya hanya berhenti di logo saja, dan untuk masuk ke recovery ini kalian harus menekan power dan tombol volume atas dalam kondisi smartphone mati. Berikut ini langkahnya.

  1. Pertama kalian tekan tombol power dan volume UP bersamaan dan tahan sampai masuk ke menu recovery
  2. Lalu pilih wipe data atau factory reset
  3. Kemudian klik OK
  4. Setelah proses sudah selesai kalian pilih reboot now dan smartphone akan restart dan kembali ke setelan pabrik

Samsung A50 Mentok Di Logo

Salah satu dampak dari adanya korup OS yang paling parah adalah smartphone tidak bisa masuk ke menu home dan hanya mentok di logo. Bila hal ini terjadi satu-satunya cara adalah masuk ke menu recovery dan kemudian melakukan factory reset.

Berikut cara untuk masuk ke menu recovery, dan kemudian bisa melakukan reset untuk mengembalikan ponsel A50 kamu atau ponsel lainnya ke setelan pabrik.

  1. Matikan perangkat. Ini penting. Jika Anda tidak dapat mematikannya, Anda tidak akan pernah bisa boot ke Mode Pemulihan. Jika Anda tidak dapat mematikan perangkat secara teratur melalui tombol Daya, tunggu sampai baterai ponsel terkuras habis. Kemudian, isi daya telepon selama 30 menit sebelum mem-boot ke Mode Pemulihan.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Naik dan tombol Bixby secara bersamaan.
  3. Sembari masih menahan tombol Volume Naik dan Bixby, tekan dan tahan tombol Power.
  4. Menu layar Pemulihan sekarang akan muncul. Ketika Anda melihat ini, lepaskan tombol.
  5. Gunakan tombol Volume Turun hingga Anda menyorot ‘Hapus data / reset pabrik. ‘
  6. Tekan tombol Power untuk memilih ‘Hapus data / reset pabrik.’
  7. Gunakan Volume Turun untuk menyorot Ya.
  8. Tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi pengaturan ulang pabrik.

Samsung A50 Error Setelah Update

Terkadang ada juga error yang terjadi setelah kita melakukan update, dan biasanya ini terjadi karena kesalahan saat update. Bisa juga dari Samsung yang memberi patch yang kurang sempurna, namun sangat jarang terjadi. Atau bisa jadi proses download saat update terganggu, sehingga ada file yang tidak sempurna.

Cara untuk mengatasi error setelah update itu adalah dengan melakukan factory reset terlebih dahulu di smartphone kalian. Nanti akan kembali ke setelan pabrik, dan pasti smartphone akan bisa berjalan seperti biasa, barulah kemudian kalian lakukan update lagi. Terkadang permasalahan update juga membuat Samsung A50 restart sendiri.

Related posts

Leave a Comment