iPhone Tidak Bisa Internet Telkomsel

iPhone Telkomsel

Akses internet yang digunakan pada smartphone iPhone dengan menggunakan mode data seluler biasanya menggunakan paket data yang diberikan oleh penyelenggara operator jaringan. Salah satunya adalah operator plat merah Telkomsel yang memiliki jangkauan jaringan cukup luas di Indonesia.

Sebelum menggunakan paket data internet dari Telkomsel, perlu diperhatikan beberapa konfigurasi agar masalah iPhone tidak bisa internet dengan Telkomsel dapat dihindari. Berikut ini adalah beberapa cara untuk bisa internetan dengan menggunakan jaringan Telkomsel di smartphone iPhone.

Pastikan Pulsa Atau Paket Data Tersedia

Sebagaimana biasanya, pengguna internet dengan mode data tentunya akan dikenakan biaya penggunaan internet yang dibebankan melalui pulsa Telkomselnya. Biaya tersebut biasanya sangat mahal bila dibandingkan dengan mendaftarkan paket internet Telkomsel untuk iPhone.

Konfigurasi APN Khusus iPhone

Phone telah dilengkapi dengan fitur canggih berupa kemampuannya untuk konfigurasi APN otomatis, tapi terkadang konfigurasi tersebut membuat akses internet terputus sama sekali.

Apabila hal ini terjadi maka pengguna iPhone yang tidak bisa internet dengan menggunakan Telkomsel harus menyesuaikan kembali setelan APN-nya. Berikut ini adalah langkah-langkah konfigurasi iPhone dengan menggunakan kartu SIM dari Telkomsel:

  1. Pada menu Setting pilih Seluler
  2. Kemudian masuk kedalam menu Opsi Data Seluler
  3. Lalu pilih Jaringan Data Seluler lalu sesuaikan konfigurasinya

APN Telkomsel Jaringan 4G

Name: Telkomsel 4G

APN: internet

Proxy: (kosongkan)

Port: (kosongkan)

Username: (kosongkan)

Password: (kosongkan)

Server: (kosongkan)

MMSC: (kosongkan)

MMS Proxy: (kosongkan)

MMS Port:(kosongkan)

MCC: 510

MNC: 10

Authentication Type: (kosongkan)

APN type: default

APN protocol: Ipv4

APN roaming protocol: Ipv4

Enable/disable APN: APN Enabled

Bearer: Unspecified

MVNO type: None

MVNO value: (kosongkan)

Untuk wilayah yang jaringan 4G padat atau kurang stabil, sebaiknya mengkonfigurasi koneksi internet dengan menggunakan jaringan 3G dan menggunakan konfigurasi APN sebagai berikut:

APN Telkomsel Jaringan 3G

Name: Telkomsel

APN: telkomsel

Proxy: (kosongkan)

Port: (kosongkan)

Username: wap

Password: wap123

Server: (kosongkan)

MMSC: (kosongkan)

MMS Proxy: (kosongkan)

MMS Port: (kosongkan)

MCC: 510

MNC: 10

Authentication Type: PAP

APN type: default, supl

APN protocol: Ipv4

APN roaming protocol: Ipv4

Enable/disable APN: APN Enabled

Bearer: Unspecified

MVNO type: None

MVNO value: (kosongkan)

Apabila tetap saja iPhone tidak bisa internet, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan reset data network terlebih dahulu.

Hubungi Call Center Telkomsel

Setelah langkah-langkah awal diatas sudah dilakukan dan ternyata iPhone masih belum bisa terhubung ke internet, maka sebaiknya segera hubungi Call Center Telkomsel di nomor 0807 1 811 811 untuk mendapatkan bantuan pengecekan layanan internet pada nomor SIM Card yang digunakan dan dibantu konfigurasi APN.

Solusi alternatif lainnya untuk iPhone tidak bisa internet Telkomsel adalah dengan menggunakan kartu cadangan baik itu yang dikeluarkan oleh pihak Telkomsel maupun operator lainnya untuk memastikan tidak ada masalah pada hardware iPhone.

Related posts

Leave a Comment