Perbedaan Android dan iOS, Kamu Team yang Mana?

android vs ios

Beberapa masyarakat mungkin masih bingung saat membeli smartphone, android atau iOS? Dua sistem operasi tersebut memang menjadi yang paling banyak digunakan. Lantas, apa saja perbedaan dari android dan iOS? Berikut adalah perbedaan android dan iOS dari segi kegunaan, kapasitas penyimpanan, dan kemampuan berbagi datanya. 

  • Kegunaan

Android merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Google yang digunakan oleh berbagai merek smartphone. Berbeda dengan iOS yang merupakan sistem operasi khusus yang dirancang untuk produk dari merek Apple seperti pada smartphone iPhone. 

  • Kemampuan berbagi data

Perangkat dengan sistem operasi iOS hanya bisa berbagi data melalui iTunes yang harus diinstall terlebih dahulu. Perangkat iOS tidak menyediakan Bluetooth untuk berbagai data karena dianggap rawan diserang virus. Sedangkan perangkat android dapat berbagi data dengan lebih bebas termasuk menggunakan teknologi Bluetooth. 

  • Kapasitas penyimpanan

Apple Inc yang menjadi pemilik iOS menentukan kapasitas penyimpanan untuk perangkatnya yaitu 256GB dan iCloud yang digunakan untuk penyimpanan berbasis awan bagi para pengguna iOS. Sedangkan untuk perangkat android memiliki kapasitas penyimpanan yang beragam dan cukup besar. Namun bedanya adalah pengguna android dapat menambahkan kartu memori tambahan. 

Itulah beberapa perbedaan dari sistem operasi android dan iOS. Masing-masing perangkat android dan iOS juga memiliki perbedaan dari segi harga. Perangkat iOS dikenal dengan harganya yang sangat tinggi sedangkan android banyak yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau. 

Ini Dia Kelebihan Android 12 Dibanding Pendahulunya

Sistem operasi Android 12 diluncurkan Google dengan tampilan baru dan berbagai penyempurnaan dari versi pendahulunya. Tampilan barunya ini menyediakan palet warna yang dapat diubah saat Kamu mengganti wallpaper. Selain tema dinamis menyesuaikan wallpaper, masih banyak keunggulan dari sistem android ini dibandingkan versi lawas. 

Google menjelaskan bahwa perusahaannya menambahkan fitur pada Google Assistant untuk memperingatkan user apabila ada yang mencurigakan dari penggunaan kata sandi. Kamu juga bisa menggunakan fitur ini dengan menekan tombol power. Berbeda dengan versi sebelumnya yang menggunakan perintah suara “ok, Google”. 

Kelebihan lain dari android 12 adalah pada peningkatan fitur auto-rotate. Android versi sebelumnya menggunakan sensor akselerometer pada ponsel untuk bisa memutar layar ponsel. Sekarang fitur ini sudah menggunakan deteksi wajah sehingga layar tidak akan miring apabila Kamu sedang menatap layar dengan posisi berbaring miring. 

Privacy dashboard pada android 12 juga menawarkan keunggulan dibanding versi pendahulunya. Kamu bisa melihat semua izin akses dari aplikasi yang ada di perangkat android dan seberapa lama penggunaan aplikasi tersebut. Kamu juga bisa mencabut izin akses melalui dashboard ini.  

Scrolling screenshots pada android 12 menjadi fitur unggulan selanjutnya. Biasanya Kamu screenshot beberapa layar untuk menyimpan data-data yang dibutuhkan. Apabila dalam satu halaman, Kamu bisa menggunakan scrolling screenshots untuk menyimpan daftar yang panjang dengan tombol “Capture More”. Selain praktis, fitur ini juga bisa mengurangi penyimpanan gambar di galeri ponsel Kamu. 

Related posts

Leave a Reply