5 Cara Memperbaiki HP Android yang tidak bisa Menyala

Cara Memperbaiki HP Android yang tidak bisa Menyala

Salah satu masalah paling umum yang banyak dikeluhkan pemilik ponsel Android adalah masalah terkait daya alias hp tidak bisa menyala, hal ini ditandai dengan layar tetap hitam meskipun tombol On berulangkali ditekan, sering pula tidak ada respon dari tombol On, atau dapat juga berbentuk ponsel tidak mengisi daya sama sekali.

Pada Artikel ini akan dibahas cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala untuk membantu sobat mengetahui cara memperbaiki masalah tersebut dari ponsel Android sobat, baik itu Oppo, Vivo, Redmi, Realme, Samsung Galaxy, dan merk lainnya tanpa harus mengunjungi teknisi profesional.

Sobat dapat mempelajari beberapa cara pemecahan masalah hp android yang tidak bisa menyala Di bawah ini.

Langkah 1: Pastikan Ini Bukan Firmware atau Sistem Macet

Masalah umum terkait perangkat android adalah sistem lumpuh. Ini sering ditandai dengan hp tidak mengisi daya dan tidak bisa dinyalakan. Jika sobat sudah yakin bahwa hal itu bukan karena firmaware, maka sobat cukup merestarnya saja.

Tetapi jika Ya itu adalah firmware, sobat dapat memaksa reboot untuk melakukan recovery atau kembali ke pengaturan pabrik. Tentunya, ini sudah mengesampingkan kemungkinan masalah terhapusnya berbagai data yang ada di dalam ponsel sobat.

Tekan tombol Power dan tahan selama sekitar sepuluh detik, dan jika ponsel sobat memiliki daya baterai yang cukup, maka ponsel sobat harus reboot. Untuk Samsung Galaxy sobat harus menekan dan menahan tombol Power dan tombol Volume Down selama sepuluh detik.

Jika prosedur sederhana ini berhasil dan masalah sobat hilang, maka sobat sudah memastikan bahwa masalahnya bukan masalah firmware, tetapi hanya error biasa. Ini merupakan  keberuntungan bagi sobat. Hal-hal seperti ini bisa terjadi kapan saja, namun satu hal yang sobat ingat, jika ini terjadi lagi cobalah menyegarkan ponsel sobat menggunakan teknik restart paksa.

Langkah 2: Hubungkan Ponsel sobat ke Pengisi Daya dan Isi Daya

Langkah ini digunakan untuk mengetahui apakah hp android sobat tidak menyala karena baterai yang benar-benar terkuras atau tidak. Ketika ponsel sobat dicolokkan ke pengisi daya yang telah terhubung ke sumber listrik, ponsel sobat akan secara otomatis menampilkan simbol pengisian daya untuk menunjukkan bahwa baterai sedang diisi dayanya. Jika simbol pengisian daya ditampilkan, biarkan telepon mengisi daya selama sekitar sepuluh menit atau lebih sebelum menyalakannya kembali.

Jika hanya karena faktor baterai yang terkuras kosong dayanya, maka setelah pengisian beberapa menit, hp sobat akan bisa diaktifkan sebagaimana biasanya. Namun, jika telepon tetapi masih menolak untuk diaktifkan, cobalah metode restart paksa saat masih mengisi daya.

Baca Juga: HP Tiba-tiba Mati Total Batere Tanam

Langkah 3: Cobalah mengaktifkan Mode Aman Pada Android

Ada kemungkinan besar bahwa masalah hp android yang tidak bisa menyala disebabkan oleh aplikasi yang baru saja dipasang atau pun telah terpasang lama di ponsel sobat. Inilah alasannya mengapa sobat perlu mengaktifkan mode aman pada android sobat.

Sebab, Saat sobat mengaktifkan Mode Aman, semua aplikasi dari luar (bukan bawaan hp) akan dinonaktifkan. Jika ponsel sobat dapat dengan mudah diaktifkan dalam mode aman, maka bisa dipastikan bahwa penyebab masalahnya adalah dari aplikasi pihak ketiga yang sobat instal.

Untuk mengaktfikan mode aman, Tekan lama tombol Power hingga logo merek ponsel muncul di layar sobat lalu lepaskan. Setelah muncul, tekan lama tombol kurangi Volume. Terus tahan, selama sekitar tiga puluh detik, hingga kata “Mode Aman” ditampilkan di layar sobat.

Jika perangkat sobat pada Mode Aman, berhasil menyala maka sobat tidak akan membutuhkan bantuan teknisi profesional untuk memperbaiki masalah sobat. Sebab, sobat benar-benar dapat melakukannya sendiri. Yang perlu sobat lakukan selanjutnya adalah menemukan aplikasi yang menyebabkan masalah pada perangkat sobat dan menghapusnya.

Langkah 4: Kembali ke Pengaturan Pabrik dalam Mode Pemulihan (Mode Recovery)

Ketika sobat merestar perangkat sobat ke Mode Pemulihan (Mode recovery), maka itu akan membawa sobat bisa masuk dan memilih reset ke pengaturan pabrik. Jika masalah hp android sobat tidak menyala disebabkan oleh masalah firmware, maka reset ke pengaturan pabrik adalah cara yang paling efektif untuk mengatasinya.

Untuk memulai ini, matikan perangkat terlebih dahulu, lalu tekan lama tombol kurangi volume. Saat melakukan ini, tekan lama pula tombol daya sampai telepon menyala.

Kata “Mulai” akan muncul. Tekan volume lama ke bawah hingga Mode Pemulihan atau recovery muncul di layar. Mulai mode pemulihan dengan menekan tombol Daya.

Jika sobat berhasil dengan ini, gunakan tombol volume untuk memilih opsi “hapus data/reset pabrik”, lalu tekan tombol Power untuk mengonfirmasi.

Android sobat akan direset dan akan membawa semua pengaturan dan konfigurasi asli kembali ke ponsel sobat. Namun perlu diingat bahwa reset pabrik akan menghapus semua data ponsel sobat juga.

Baca Juga: Ponsel tidak bisa Masuk RECOVERY MODE

Langkah 5: Datangi service hp Android terpercaya untuk Pemeriksaan, Perbaikan, atau Penggantian alat

Jika setelah melakukan semua langkah di atas tidak juga ada hasilnya, maka langkah terakhir adalah dengan mendatangi service hp terpercaya yang ada di sekitar daerah tempat tinggal sobat. Jangan pernah melakukan service sendiri jika sobat tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai, sebab hal itu hanya akan memperparah kerusakan.

Related posts

Leave a Reply