3 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa masuk Recovery

tidak bisa masuk recovery

Apakah sobat pernah mengalami saat dimana hp Android sobat tidak dapat masuk ke sistem recovery? atau bisa masuk namun terjebak dan tidak bisa keluar dari dalam Mode recovery / Pemulihan Sistem?

Apakah sobat sudah tahu bagaimana menyelsaikan masalah ini? Dalam artikel ini, akan dibahas tentang 3 metode yang Bisa sobat lakukan untuk menyelesaikan masalah ini. sobat dapat mencobanya satu per satu untuk membantu menyelesaikan masalah pada android sobat.

Apakah  yang dimaksud dengan Sistem recovery (Mode Pemulihan Android / Pemulihan Sistem Android)

Jika suatu saat hp Android sobat mungkin terlalu panas, tidak responsif, atau tidak berfungsi karena alasan tertentu. Atau mungkin diserang oleh virus. Mode Pemulihan Android yang disebut dengan sistem recovery dapat membantu sobat menyelesaikan masalah ini secara efektif.

Sistem recovery atau dikenal juga Mode Pemulihan Android adalah sebuah metode khusus yang disiapkan oleh perusahaan pembuat hp android berbagai merk untuk menjadi solusi terakhir jika suatu saat hp android yang dimiliki oleh para penggunannya mengalami masalah sistem yang serius, yang tidak bisa selesai hanya dengan restart.

Sistem recovery adalah sebuah jalur akses data android yang independen dan ringan. Ia termasuk dalam bagian terpisah yang tidak berisi sistem operasi Android di perangkat Android sobat. Setelah memasuki recovery sistem (Mode Pemulihan Android), sobat dapat memperbaiki masalah Android dengan mengembalikan perangkat Android soba ke pengaturan pabrik, melakukan pembaruan perangkat lunak, atau menghapus partisi cache di hp sobat.

Bagaimana Cara Masuk ke Mode recovery (mode Pemulihan) Android?

Jika sobat belum tahu cara memasuki Mode recovery Pemulihan Android, sobat dapat mengikuti panduan ini:

1. Matikan perangkat Android sobat.

2. Tekan dan tahan tombol Volume Naik, tombol utama beranda, dan Daya secara bersamaan untuk beberapa saat hingga perangkat menyala. Untuk beberapa perangkat Android, tombol Utama tidak dapat ditekan. sobat dapat menekan tombol Volume naik dan Daya (tombol power) saja.

3. Jika berhasil masuk, sobat akan disuguhi beberapa pilihan, Gunakan tombol volume untuk memilih Mode Pemulihan (sistem recovery) untuk memasuki Mode Pemulihan Android.

Cara Keluar dari Mode Recovery

Untuk melakukan hal ini, sobat dapat memilih reboot sistem Sekarang untuk me-reboot perangkat atau memilih Matikan untuk langsung mematikan perangkat.

Jika hp android tidak bisa masuk recovery atau Terjebak Eror dalam recovery

Kadang-kadang, sobat mungkin mengalami bahwa sobat tidak dapat masuk atau keluar dari Mode recovery Pemulihan Android dengan lancar . Artinya, sobat tidak dapat memulai ulang perangkat Android atau mematikan perangkat menggunakan opsi dalam Mode Pemulihan Android.

Ada 3 metode untuk menyelesaikan masalah ini. sobat dapat mencobanya satu per satu untuk menyelesaikan masalah ini.

Solusi 1: Periksa Tombol Perangkat Android sobat

Salah satu penyebab paling umum adalah bahwa salah satu tombol yang digunakan untuk mengakses pemulihan sistem android rusak atau tidak berfungsi. Sekarang, sobat harus terlebih dahulu memeriksa apakah tombol fisik merespons dengan benar, terutama tombol volume, sebelum mencoba memulai Mode Pemulihan Android.

Jika metode ini tidak berhasil, coba solusi yang berikutnya.

Solusi 2: Paksa Reboot Perangkat Android Sobat

Metode termudah dan efektif yang langsung bisa untuk memperbaiki hp yang terjebak dalam masalah Recovery Mode Android adalah dengan memaksa reboot perangkat Android Sobat.

Namun perlu sobat ketahui bahwa Setiap merek ponsel Android memiliki cara tersendiri untuk melakukan reboot dan restart. Di sini akan ditunjukkan kepada Sobat cara yang paling umum digunakan:

1. Tekan tombol Daya dan tombol Volume Naik secara bersamaan. Sobat perlu menahan dua tombol ini selama sekitar 20 detik sampai layar Pemulihan Android menjadi hitam. Ini berarti bahwa perangkat dimatikan. Jika ini berhasil, Sobat dapat me-restart perangkat Android Sobat untuk melihat apakah perangkat tersebut dapat berjalan secara normal seperti biasanya.

2. Namun, tidak semua perangkat Android dapat keluar dari Mode recovery Pemulihan Android menggunakan metode ini. Jika masalah Recovery Mode Android tetap ada, Sobat dapat mencoba solusi ketiga.

Solusi 3: Selamatkan Data Android dan Reset Perangkat Ke setelan Pabrik

Solusi paling efektif untuk memecahkan Android yang terjebak dalam masalah Mode Pemulihan adalah memulihkan perangkat ke pengaturan pabrik. Tapi, Sobat tahu bahwa cara ini akan menghapus semua informasi di perangkat Android. Jadi, Sebaiknya cadangkan data Android penting Sobat sebelum reset pabrik Android.

Namun, jika Sobat tidak dapat menggunakan perangkat seperti biasa karena terjebak di layar pemulihan sistem Android. Dalam situasi seperti ini, Sobat dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data Android pihak ketiga untuk menyelamatkan data Android.

Sebaiknya gunakan aplikasi MiniTool Mobile Recovery profesional untuk Android. Perangkat lunak ini dirancang khusus untuk memulihkan data Android Sobat dalam situasi yang berbeda. File yang dapat dipulihkan perangkat lunak ini beraneka macam, termasuk foto, video, pesan teks, riwayat panggilan, kontak, dan banyak lagi.

Related posts

Leave a Reply