7 Cara Memperbaiki HP Android Masuk Air

hp kemasukkan air

Cara Memperbaiki Hp Android Masuk Air Seringkali secara tidak sengaja sobat menjatuhkan ponsel ke air. Mungkin smartphone sobat jatuh ke toilet atau secara tidak sengaja jatuh di genangan air karena terlepas dari genggaman. Mungkin sobat lupa pula bahwa hp sobat bukan iPhone 7 yang tahan air meskipun sobat melompat ke kolam renang.

7 Solusi HP Kemasukkan Air

Jadi apa yang sobat lakukan ketika perangkat seluler sobat terjatuh ke dalam air secara dadakan? Sebelum sobat mulai panik atas ponsel sobat, ingatlah bahwa ponsel basah atau jatuh ke dalam air belum tentu rusak. Hal itu jika sobat melakukan penanganan dengan benar. Inilah yang harus sobat lakukan jika sobat secara tidak sengaja menjatuhkan ponsel sobat ke dalam air:

1. Keluarkan secepatnya

Semakin lama ponsel sobat tetap di dalam air, semakin besar kemungkinan ponsel sobat akan rusak. Jadi jika sobat menjatuhkan ponsel sobat ke dalam air, angkat dan keluarkan dari air dengan segera. Jika sobat beruntung, itu akan baik-baik saja.

2. Matikan untuk beberapa hari

Hal ini untuk Menjaga ponsel sobat yang baru saja basah atau terjatuh dalam air, agar tidak korsleting dan papan sirkuitnya rusak. Meskipun tidak berarti bahwa sobat harus mematikannya tepat ketika sobat mengeluarkannya dari air, namun hal itu lebih baik jika sobat dapat melakukannya dengan segera. Selanjutnya, biarkan hp sobat tetap non aktif selama beberapa hari untuk memastikan bahwa air yang masuk sudah kering dari dalam hp android sobat.

Jika layar ponsel sobat mati sebelum jatuh ke air, tekan tombol daya dengan cepat untuk memeriksa apakah perangkat “aktif”. Ini akan mengonfirmasi dan memastikan apakah layar atau perangkat dimatikan saat kontak dengan air. Jika ponsel sobat aktif, matikan secepatnya.

3. Bersihkan dan keringkan

Setelah sobat menjatuhkan ponsel sobat ke dalam air, sobat harus melakukan segala cara untuk mengeringkannya. Jika ponsel sobat memiliki baterai dan kartu microSD yang dapat dilepas, keluarkan dan keringkan. Biarkan panel belakang terbuka untuk mengeringkan bagian dalam hp, setelah sobat mengeluarkan semua komponen yang dapat dilepas.

Catatan Penting: Jangan pernah untuk menggunakan pengering rambut saat mengeringkan ponsel sobat. Sebab, pengering rambut memiliki jenis panas yang dapat merusak komponen internalnya. Hindari pula memasukkan ponsel sobat ke dalam freezer atau dalam oven.  Sebab, banyak sekali rumor mengatakan bahwa metode ini dapat mengeringkan ponsel basah, hal ini benar-benar beresiko lebih besar untuk merusak ponsel daripada mengeringkannya.

4. Timbun ponsel sobat dalam beras atau silika

Perangkat sobat mungkin terlihat dan terasa kering hanya dalam beberapa jam, tetapi ini tidak berarti bahwa itu benar-benar kering di dalam CPU internalnya. sobat harus menghilangkan kelembaban yang terdapat di dalam gadget sobat. Untuk melakukan ini, timbun ponsel sobat di dalam mangkuk penuh dengan beras yang tidak dimasak. Alasan untuk ini adalah bahwa beras terbukti mampu menyerap kelembaban yang ada di dalam ponsel sobat.

Alternatif lainnya adalah menempatkan ponsel sobat dalam kantong plastik yang penuh dengan silika. Periksa semua kotak sepatu yang sobat miliki jika sobat tidak memiliki gambaran seperti apa gel yang berguna ini. Sebab, sobat akan menemukan satu atau dua paket silika di dalamnya. Silika dalam kotak sepatu berguna menyedot kelembaban air di dalam dos sepatu, sehingga sangat bagus untuk mengeringkan gadget sobat yang basah.

Ingatlah untuk menjaga ponsel sobat tetap tertimbun selama minimal 3 hari, terlepas dari cara dan metode apa pun yang sobat pakai. Ini untuk memastikan bahwa semua kelembaban yang terperangkap dalam hp menjadi hilang sepenuhnya.

5. Uji apakah hp sobat menyala

Keluarkan gadget sobat dan lihat apakah ia masih menyala ketika yakin telah kering. Jika ya, selamat atas keberuntungan sobat. Jika tidak, cobalah mengisi daya terlebih dahulu lalu coba menyalakannya lagi. sobat mungkin harus memperbaikinya atau bahkan mengganti sebagian alatnya jika masih tidak menyala

Catatan Penting: Jika ponsel sobat menyala, ingatlah kemungkinan bahwa air mungkin telah merusak beberapa komponen internal. Jangan heran jika kemudian mulai terasa ada kelainan dalam waktu yang cepat atau lambat.

6. Jika ponsel sobat jatuh di air laut

Setelah air asin menguap karena proses pengeringan sebagaimana di atas, kristal yang ditinggalkannya dapat sangat membahayakan bagian internal CPU hp sobat yang alat-alatnya sangat rapuh. Jadi jika ponsel sobat jatuh di laut, disarankan membersihkannya dengan air keran terlebih dahulu sebelum mengeringkannya. Pastikan untuk melepas baterai sebelum melakukannya juga.

7. Gunakan masa garansi aktif hp Android untuk perbaikan

Sebagian besar ponsel android selalu dilengkapi dengan kartu garansi yang terkadang tidak terisi dan tidak diperhatikan oleh para pembeli hp android terbaru berbagai merk. Jika hp android sobat masih memiliki masa aktif garansi yang berlaku, maka cobalah memperbaikinya di tempat sobat mendapatkan hp tersebut pertama kali, jika hp android tersebut sobat beli dalam keadaan baru.

Perbaikan yang dilakukan selama masa garansi aktif akan memberikan layanan yang lebih murah dan terjamin, untuk memperbaiki masalah pada hp android sobat yang jatuh ke dalam air tersebut. Jika pada toko tempat sobat pertama kali mendapatkan hp android sobat tidak menyediakan service, maka carilah service resmi dari perusahaan ponsel android tersebut di tempat terdekat sekitar tempat tinggal sobat.

Related posts

Leave a Reply